Pernahkah kamu ketika membuat instalasi perpipaan pada bagian sambungan air suka merembes? Pasti ada banyak faktor yang menyebabkan sambungan tersebut bocor, salah satunya pemilihan fitting pipa yang kurang pas atau kualitasnya tidak sama dengan pipa yang kamu gunakan. Sehingga sambungan tidak kuat dan ketika dialiri air akan merembes keluar. Tentunya hal tersebut akan sangat meresahkan kamu apalagi jika itu terjadi pada rumah yang baru di bangun. Yang mana kamu akan merasa gagal desain dan ingin merombaknya kembali.

Fitting pipa yang telah ada dan mudah ditemukan di pasaran sangat banyak merek dan tipenya. Salah satunya yang mempunyai aneka ragam fitting pipa adalah Rucika. Rucika berhasil memproduksi jenis sambungan ini dengan begitu baik dan mutunya terjamin. Itulah kenapa hingga sekarang Rucika menjadi pilihan yang terbaik dalam sektor perpipaan.

Nah karena Rucika mempunyai banyak ragam fitting pipa, hal pertama yang harus kamu lakukan setelah mempunyai desain instalasi adalah belajar tentang metode sambungan yang satu ini. Agar kamu tidak hanya mendapatkan kualitas fitting yang baik tetapi juga bisa memilih mana yang pas dengan kebutuhan instalasimu.

Aneka Ragam Fitting Pipa yang Patut Kamu Tahu

Fitting pipa merupakan sebuah teknik yang akan banyak kamu temukan sebagai metode praktis dalam penyambungan pipa. Di industry perpipaan sudah ada aneka ragam fitting pipa yang bisa kamu gunakan, tipenya ada yang mempunyai ulir dan ada pula yang hanya berupa sambungan yang perlu di kencangkan menggunakan baut. Nah berikut ini adalah daftar fitting pipa yang kebanyakan di gunakan pada instalasi umum.

·        Berbentuk lurus dan tidak mempunyai cabang (Socket)

Jika kamu ingin menyambungkan dua buah pipa agar semakin panjang dan lurus kamu bisa menggunakan fitting pipa yang satu ini. Karena kegunaan dari fitting jenis ini adalah untuk menyambungkan antara dua pipa yang berukuran sama dan cuma akan dibuat lurus saja.

·        Berbentuk menyerupai huruf T (Tee Stuck)

Jika dalam sebuah instalasi kamu ingin membuat tiga percabangan kamu bisa menggunakan fitting pipa yang berbentuk T ini. Dimana dua percabangan lurus dan yang satu mencabang ke depan. Untuk ukuran pipa yang menggunakan sambungan ini tidak selalu harus sama. Dimana kamu juga bisa menggunakan pipa yang ukurannya berbeda sesuai dengan kebutuhanmu.

·        Berbentuk seperti siku atau lengkungan (Elbow)

Selanjutnya fitting pipa yang berwujud lengkung, dimana biasanya sambungan ini dibutuhkan ketika akan membelokkan sebuah pipa yang lurus. Untuk dapat menggunakannya dengan kuat kamu bisa menambahkan lem pipa saat akan memasangnya.

·        Berbentuk menyerupai tanda penjumlahan (Cross)

Nah jika kamu ingin membuat sambungan yang bentuknya seperti penjumlahan kamu bisa menggunakan tipe yang ini yaa. Karena fitting ini bisa membentuk percabangan empat arah.

·        Berbentuk lurus tetapi mempunyai dua ujung dengan diameter berbeda (Reducer)

Nah apabila kamu ingin mengurangi debit air yang keluar dari sebuah pipa ke pipa yang lain kamu bisa memanfaatkan fitting reducer ini. Berbentuk lurus tetapi di salah satu sisinya mempunyai diameter pipa yang lebih kecil sehingga air yang dialirkan bisa lebih kecil.

·        Sambungan berupa penutup pipa

Fitting pipa ini kamu butuhkan saat akan mengakhiri sebuah instalasi yaa. Karena kamu tidak bisa menutupnya atau memotong alirannya apabila pipa tidak ditutup pada sebuah ujung.

Kriteria Fitting Pipa Terbaik yang Dikembangkan Rucika

Karena kualitas Rucika yang sudah pasti terbaik, maka kita akan mencoba melihat kriteria fitting pipa yang terbaik dari segi kualitas Rucika.

·        Bersifat tidak bisa menghantarkan panas dengan baik (Isolator)

Pertama fitting pipa yang baik haruslah mempunyai sifat sebagai isolator. Sama halnya dengan pipa utama yang digunakan juga harus bersifat isolator.

·        Lifetime-nya lebih panjang

Fitting yang baik tentunya harus mempunyai lifetime yang panjang atau awet. Sepeti halnya yang dimiliki oleh Rucika karena terbuat dari bahan atau material plastik yang bagus seperti PVC.

·        Materialnya tidak mudah pecah

Sebuah fitting dinilai berkualitas apabila material yang dipakai tidak mudah mengalami keretakan ataupun pecah, nah material PVC adalah jenis material yang tidak mudah retak ataupun pecah sehingga bisa awet atau lifetime-nya panjang.

·        Terdapat aneka ragam fitting pipa yang bisa kamu pilih

Produsen pipa yang berkualitas seperti Rucika tentu telah menghasilkan beraneka ragam fitting pipa. Dimana setiap tipe fitting dibagi lagi menjadi beberapa macam sesuai dengan fungsi dan pemasangannya.

·        Mampu untuk diproses kembali atau memungkinkan daur ulang pipa

Nah pipa atau fitting pipa yang baik tentunya materialnya mempertimbangkan lingkungan sekitarnya. Yang mana pipa maupun fitting yang berkualitas tinggi harus bisa diproses kembali. Nah ini berlaku untuk semua pipa yang diproduksi oleh Rucika loh.

·        Mempunyai ketahanan terhadap kondisi asam dan basa yang bagus

Kriteria selanjutnya material yang digunakan untuk membentuk pipa harus bisa bertahan meskipun digunakan untuk mengalirkan berbagai macam zat termasuk zat asam maupun basa.

·        Bisa bertahan meskipun terpapar sinar UV

Ketika kamu memilih pipa maupun fitting pipa juga harus mempertimbangkan kondisi dimana bisa bertahan meskipun harus berada di bawah sinar matahari setiap harinya. Sehingga pipa akan awet, aman apabila dipergunakan untuk mengalirkan air minum dan lain sebagainya.

·        Lulus berbagai standar kualitas

Nah fitting pipa yang bagus harus juga telah memenuhi stnadar kualitas yang telah ditetapkan di industry perpipaan. Seperti Rucika yang telah menggunakan uji mutu dari JIS untuk setiap produknya dan juga standar SNI negara kita.

Informasi di atas sebenarnya dapat dengan mudah kamu temukan di www.rucika.co.id karena disanalah gudangnya pipa. Dan kamu juga akan mendapatkan berbagai spesifikasi dari pipa yang diproduksi Rucika dan harga yang telah ditetapkan oleh Rucika sebagai produsen. Dengan begitu kamu bisa sesuaikan antara kebutuhan akan fitting pipa dengan budget yang kamu persiapkan untik membangun instalasi pipa di rumah.