Memiliki bayi adalah anugerah terindah yang dirasakan oleh pasangan di seluruh dunia baik pengantin baru atau lama. Buat Anda yang menjadi ibu baru, pasti perlu belajar dari buku, media dan pengalaman orang-orang sekitar dalam membesarkan si kecil. Jangan sampai Anda mengabaikan metode perawatan yang benar sehingga berdampak pada kesehatan buah hati. Salah satu masalah yang acap dialami bayi baru lahir hingga usia tertentu adalah ruam popok. Anda bisa memanfaatkan promo Pampers agar si kecil terhindar dari risiko ruam popok.

Langkah Pencegahan Ruam Popok

Berdasarkan tips parenting, Anda harus tahu beberapa cara mencegah bayi terkena ruam popok berikut :

1. Utamakan kebersihan

Kebersihan menjadi kunci agar anak terhindar dari risiko ruam popok yang disebabkan popok yang kotor. Tidak hanya menjaga kebersihan organ genital bayi saja, tetapi orangtua juga harus mengutamakan kebersihan diri. Mencuci tangan sebelum ganti popok bayi merupakan langkah utama mencegah penularan kuman dari tangan Anda pada buah hati tercinta.

2. Selalu Sigap Ganti Popok Anak

Segera ganti popok bayi bila terkena air kencing atau tinja tanpa harus menunggu lebih lama. Popok yang sudah penuh menampung air seni bisa menjadi penyebab kulit bayi alami alergi. Mengingat kulit bayi sangat sensitif, sebaiknya segera ganti popok dalam hitungan jam atau segera setelah buang air besar. Gunakan promo Pampers untuk mengganti popok bayi dengan harga lebih terjangkau. Setidaknya pengeluaran tetap terkontrol, sedangkan bayi tetap sehat dan tumbuh sempurna tanpa ruam popok.

3. Menggunakan tisu basah atau sabun bayi

Saat membersihkan area genital, sebaiknya Anda menggunakan tisu basah bebas pewangi atau sabun bayi dengan kandungan alami untuk mencegah kuman berpindah dari anus ke organ intim. Gunakan air hangat untuk membersihkan area genital dengan baik, lalu keringkan dengan kain katun lembut.

4. Mengoleskan krim pelembab

Guna mencegah ruam popok menjadi lebih parah, sebaiknya Anda tidak menyentuh sisi yang lecet atau kemerahan. Agar si kecil bebas dari ruam popok, jangan lupa untuk mengoleskan krim pelembab khusus bayi.

Krim bayi bisa dibeli di apotek atau toko obat tanpa perlu resep dokter, tetapi Anda harus memastikan kandungan krim aman digunakan untuk bayi. Usai mengoleskan krim pelembab di selangkangan yang acap terkena ruam popok, Anda bisa memakaikan popok setelah krim kering.

Beberapa tips mencegah ruam popok di atas bisa menjadi referensi untuk Anda yang memiliki bayi baru lahir. Ketahui pula bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan ruam popok selain masalah kebersihan si kecil, misalnya alergi pada produk pembersih tertentu, konsumsi antibiotik, infeksi bakteri, konsumsi makanan tertentu, dan lain-lain. Yuk, manfaatkan promo Pampers yang terbuat dari material berkualitas sehingga aman dipakai bayi tanpa risiko ruam popok!