Kesehatan

Punya Labu Kuning atau Waluh? Ini Manfaat dan Cara Pengolahannya

Apa sih tanaman yang gak bisa di tanam di tanah ini? Tanah di sekitar kamu begitu subur, salah satunya buat menanam labu, apakah kamu mengenal labu? Labu atau yang sering mungkin kita kenal dengan sebutan waluh juga sangat banyak kita temukan di negeri ini, kemudahannya ketika di tanam dan manfaatnya yang begitu banyak terutama bagi kesehatan menjadikan waluh sangat potensial untuk dijadikan salah satu makanan pokok kita loh.

Pada sawah atau lahan satu hektar yang produktif kamu bisa memproduksi labu atau waluh dari 20 hingga 40 ton. Sedangkan kamu yang tidak punya lahan yang besar, waluh atau labu juga masih bisa kamu tanam loh. Dia adalah tanaman yang merambat sehingga kamu bisa menanamnya untuk kebutuhan sehari hari di halaman rumahmu.

Komposisi Gizi dan Manfaat Dalam Labu

Yang namanya tanaman dan berasal dari alam pastilah banyak mengandung gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya labu, nah berikut ini beberapa komposisi gizi yang terdapat di dalam sebuah labu.

  1. Salah satu sumber kalori dan karbohidrat yang alami sehingga bisa kamu makan setiap hari
  2. Terdapat gizi protein juga di dalam labu
  3. Kamu bisa menemukan lemak baik atau lemak nabati yang bisa menyehatkan tubuhmu
  4. Kandungan mineralnya juga lengkap yang mana ada fosfor, betakaroten, kalsium, natrium, juga ada zat besi, dan lain sebagainya
  5. Ada banyak vitamin di dalamnya termasuk vitamin C dan Vit. A, sehingga mampu menyehatkan mata kamu loh, selain mata ternyata labu bisa membuat kulitmu menjadi semakin sehat, kemudian kekebalan tubuh kamu juga naik, serta memperbaiki keadaan reproduksi kamu loh.
  6. Juga ada antioksidan di dalam labu, sehingga bisa mencegah kamu dari berbagai kanker dan menghambat kamu mengalami penuaan
  7. Metabolisme tubuh kamu akan terjamin karena adanya mineral kalium pada labu tersebut
  8. Kalau kamu suka sembelit kamu bisa memakan labu untuk mengatasinya
  9. Kalau kamu meminum air labu kamu bisa mendetoks tubuh kamu dari berbagai racun di dalam tubuh
  10. Jadi bahan fortifikasi Vit. A di banyak olahan pangan

Masih banyak sebenarnya komposisi gizi dan manfaat dalam labu yang belum kita perdalam. Cuma yang pasti dia sangat sehat kalau kamu konsumsi setiap hari dan kamu jadikan konsumsi pokok kamu. Memang sih sekarang ini masih belum umum produk atau makanan yang bahannya dari labu. Cuma kamu bisa menjadikan inspirasi berikut untuk memanfaatkan labu lebih lagi di keseharian kamu. Salah satunya mengolahnya menjadi tepung labu atau waluh.

Resep Mengolah Labu Atau Waluh Jadi Tepung

Kalau yang umum di masyarakat kita pasti mengolah bahan satu ini cuma dengan cara di kukus atau di rebus untuk kolek. Jarang yang mengolahnya menjadi sesuatu yang bisa bertahan lama layaknya tepung. Nah biar kamu makin rajin konsumsi labu atau waluh ubahlah dia jadi tepung sehingga nanti kamu bisa menggunakannya untuk buat donat sehat dan berbagai panganan lain yang berbasis tepung. Berikut cara mengubah labu atau waluh biar bisa jadi tepung:

  1. Labu yang sudah tua kamu siapkan
  2. Beberapa labu yang kamu gunakan harus di cuci terlebih dulu yaa
  3. Potong potong labu tersebut menjadi ukuran yang lebih kecil agar memudahkan
  4. Kemudian potongan labu kecil kecil tersebut jemurlah atau keringkan lah
  5. Kalau sudah kering kamu bisa menggilingnya agar bisa menjadi serbuk
  6. Agar serbuk labu mempunyai ukuran yang sama kamu perlu memfilternya dengan ayakan yang ada di rumah kamu ya
  7. Setelah itu tepung labu sudah jadi dan kamu bisa mengemasnya dengan rapi agar tahan lebih lama

Tepung yang sudah kamu buat dengan resep diatas bisa kamu manfaatkan untuk bubur, kue, roti, termasuk donat dan jajanan pasar lain yang biasanya menggunakan tepung terigu biasa sekarang kamu bisa menggantinya dengan tepung labu atau waluh buatanmu.