Tips menabung dan investasi yang tepat sangat membantu Anda di masa mendatang. Keduanya merupakan cara penting agar kebutuhan finansial dapat terpenuhi dengan baik.

Namun tidak semuanya dapat mewujudkan impian tersebut karena mengatur keuangan sangat sulit. Terutama yang memiliki pendapatan tidak terlalu besar.

Simak Tips Menabung dan Investasi yang Tepat 

Bagi sebagian orang, menabung merupakan suatu keharusan. Namun tak begitu banyak yang melakukan investasi. Hal yang menjadi dasar seseorang untuk menabung dan investasi adalah keuntungan.

Namun karena belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan keduanya, maka orang enggan memulainya.

Bagi Anda yang ingin menabung dan investasi, sebaiknya Anda memperhatikan cara mengatur keuangan Anda agar keduanya dapat terpenuhi dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang sesuai tujuan Anda.

Menyusun Rencana

Sebelum Anda menabung dan investasi, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu dengan menyusun rencana awal yang ingin Anda capai.

Tips menabung dan investasi, pertama buatlah rencana jangka pendek (short term) yang ingin Anda capai kurang dari satu tahun. Hal tersebut bisa berhubungan dengan biaya renovasi rumah, menonton konser, membeli motor, semester kuliah, dan lainnya.

Lalu rencana untuk jangka menengah atau medium term. Umumnya rencana ini berselang 2 hingga 5 tahun. Mulai dari biaya umroh, menikah, liburan, atau membeli rumah.

Sementara long term atau jangka panjang biasanya berselang lebih dari 5 tahun. Sebagai contoh pendidikan anak, naik haji, serta dana pensiun. Dengan menentukan tujuan, Anda semakin mudah mencapai semua keinginan Anda.

Menentukan Wadah Tabungan dan Investasi

Setelah Anda menentukan jangka pendek atau jangka panjang, maka selanjutnya adalah menentukan produk tabungan atau investasi yang tepat.

Produk tabungan seperti rekening di bank dan emas. Sedangkan investasi bisa melalui reksadana pasar uang. Hal tersebut jika Anda memilih rencana jangka pendek.

Tips menabung dan investasi untuk jangka menengah, ada beberapa pilihan seperti deposito. Sedangkan investasi seperti reksadana campuran, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, hingga obligasi negara ritel. Pada rencana jangka panjang berupa saham, bisnis riil, dan reksadana saham.

Menyisihkan Penghasilan Untuk Tabungan dan Investasi

Langkah selanjutnya adalah menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung dan investasi. Hal ini dilakukan setiap bulan secara rutin.

Cara membagi anggaran rutin tersebut yakni 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk menutup utang, dan 20 % menabung dan investasi.

Menentukan Target Angka 

Paling efektif adalah mengetahui target serta waktu yang Anda perlukan tersebut. Jika telah selesai diputuskan, maka akan terlihat angka target dan Anda bisa memulai merealisasikannya setiap bulan. Berapakah yang harus Anda alokasikan ke tabungan dan investasi yang Anda miliki.

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Tips menabung dan investasi, Anda juga harus memiliki catatan pengeluaran pasti setiap bulannya. Catatan yang jelas dapat membantu Anda mengalokasikan anggaran menabung menjadi lebih baik dan jelas.

Anda pisahkan catatan pemasukan dan catatan pengeluaran. Catatan pemasukan bisa berupa pemasukan gaji, komisi penjualan, atau pendapatan lainnya di luar pekerjaan.

Sementara untuk catatan pengeluaran bulanan berupa nota belanja, bukti transfer, tagihan kartu kredit, dan pengeluaran lainnya.

Dari catatan tersebut, Anda bisa mengetahui besarnya angka yang dapat Anda tabung setiap bulannya. Hal ini menjadi jalan agar keuangan Anda tetap sehat dan berjalan dengan lancar.

Memenuhi Persentase Menabung Minimal

Tips menabung dan investasi  selanjutnya adalah sesuai perencanaan keuangan, sebaiknya menabung paling tidak minimal 10%. Hal tersebut agar keuangan Anda lebih sehat. Jika tak dapat terpenuhi, maka Anda harus benar-benar melakukan penghematan.

Selain itu, memisahkan tabungan ke rekening yang berbeda juga sangat perlu. Memisahkan rekening tabungan dengan dana untuk pengeluaran adalah hal yang penting. Hal tersebut membantu Anda untuk menahan diri dari pengeluaran yang tidak penting.

Disiplin Dalam Menabung dan Investasi

Agar Anda bisa mencapai tujuan, sebisa mungkin Anda harus disiplin. Anda ikuti sesuai anggaran yang Anda buat. Jangan sampai pengeluaran membengkak bahkan Anda melewatkan tabungan dan investasi.

Jika Anda tidak dapat berhemat, maka anggaran pengeluaran akan melebihi dari yang seharusnya. Hal ini membuat Anda tidak menabung malah berhutang.

Jangankan untuk menabung dan investasi, keperluan sehari-hari saja tidak cukup dan memaksa Anda menjadi berhutang. Tentu Anda tidak ingin seperti itu bukan?

Tips menabung dan investasi, Anda juga harus bisa secara rutin setiap bulan terpenuhi. Jika Anda sudah memutuskan untuk berinvestasi, maka Anda benar-benar harus berhemat.

Hal ini dengan upaya memotong pengeluaran hiburan, biaya berlangganan, hemat listrik, air, dan mengikuti daftar belanja sesuai kebutuhan.

Lembaga yang sudah terpercaya dan dapat membantu keuangan Anda adalah dengan bergabung dengan Pegadaian. Sahabat Pegadaian dapat mewujudkan impian Anda dengan mulai menabung dan investasi.

Pegadaian ini terdiri dari investasi emas, pembiayaan haji, sertifikasi batu mulia, gadai emas, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan secara online dengan mudah hanya melalui Pegadaian Digital. Satu-satunya aplikasi terbaik yang memudahkan Anda melakukan berbagai transaksi keuangan. Dengan tips menabung dan investasi, langkah Anda semakin mudah.